Senin, 15 Februari 2010

Situs Kapal Punjulharjo, Karam


Pengunjung yang membludak kini hanya tinggal cerita, pengunjung yang datang sekarang hanya bisa dihitung dengan jari saja. Apalagi keberadaan Kapal yang sempat menggemparkan kota Rembang tak bisa dilihat lagi (untuk sementara), tentunya bukan karena dibawa keluar dari lokasi melainkan kerendam air/ kebanjiran.
Yang tampak sekarang hanyalah atap bangunan dari esbes yang melindungi keberadaan Situs Kapal Punjulharjo dan di sekitar lokasi genangan air merendam hampir separuh bangunan. Sejak bulan Desember 2008 lokasi kapal yang tadinya tambak ikan tersebut penuh dengan air dikarenakan musim penghujan. Diperkirakan bulan April 2009 air yang menggenangi lokasi kapal akan surut/ habis.
Berbagai upaya telah ditempuh oleh Pemkab Rembang tentang keberadaan Situs Kapal Punjulharjo tersebut, upaya Pemkab tak sia-sia sehingga pemerintah berencana akan membangun museum dilokasi kapal sebagai Museum Bahari Nasional.
Merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Rembang memiliki Museum Bahari Nasional tersebut karena kelak akan banyak pengunjung yang datang untuk tujuan wisata maupun penelitian. Sudah barang tentu akan menambah pendapatan daerah serta masyarakat setempat akan memperoleh penghasilan tambahan yakni dengan membuka usaha disekitar lokasi.

Tidak ada komentar: